Bahasa Teman Komputer

Ahmad Syauqi

Komputer dengan segala bentuknya telah menjadi teman kita dan sepertinya ada fenomena mengalahkan keakraban sesama, mungkin ia telah menjadi spesies baru. Beberapa tayangan di televisi menunjukkan fenomena pengaruh histeria bila ia terhenti berkomunikasi sebab baterai habis dan tidak membawa cadangan power bank. Spesies baru itu bahkan ada yang bergerak dan memasuki karakteristik makhluk hidup; robot dengan berbagai peran barunya. Diantara susunan kata untuk mendefinisikan komputer ada kata otomatis yang menunjukkan interaksinya dengan manusia, yaitu tidak lagi ada kegiatan bersifat manual. Sepanjang sejarah munculnya komputer, pengembang berusaha untuk menghilangkan karakter campur tangan terlalu banyak dalam kerja mereka. Apakah mereka memiliki bahasa? Jawabannya adalah benar mereka memiliki bahasa dan sesuai dengan karakternya. Komputer PC yang diam ia memiliki bahasa dasar sejak dari lahirnya, komputer dalam pangkuan atau komputer jinjing, kita mengenalnya dengan sebutan laptop, notebook, dan sejenisnya, memiliki bahasa lebih beragam hingga saat ini pengembang Google memunculkan yang baru setelah Windows dan Linux atau asal usul kerabatnya.

Berinteraksi dengan komputer tidak saja menggunakan untuk kebutuhan, tetapi banyak yang berkeinginan untuk menciptakan dan melihat peluang kebutuhan dengan menghadirkan spesies paling baru. Dunia pendidikan pada tingkat perguruan tinggi telah berusaha keras untuk menciptakan SDM yang dapat berinteraksi dengan komputer yaitu sebagai dukungan dalam studi atau yang terakhir, capaian SDM dimana tempat produk mereka dihasilkan, menciptakannya. Usaha apakah yang sesuai dengan kebutuhan untuk dukungan studi di perguruan tinggi bagi pengajaran pengetahuan komputer?

Perhatian terhadap jenis dukungan antara lain dapat melalui arti seiring sekata dengan capaian pendidikan tinggi pada proses pengajaran dan pendidikan mahasiswa. Terdapat kesamaan dalam usaha pemahaman penggunaan komputer dan cara menempuh studi, yaitu konsep dasar komputasi dan logika. Hal tersebut bila diperhatikan bahwa bahasa komputer, sebagai suatu mesin, oleh pengembang diambil dari aljabar Boolean (Al-Jabir dan George S Bool) dengan kesederhanaan prosesnya ON dan OFF. Tetapi yang menarik adalah hubungan-hubungan diciptakan dengan membuat proposisi dan sifat logika berdasarkan semantik. Penguasaan akan hal itu dapat diartikan dan diberi makna bahwa mereka yang belajar akan hal itu sesungguhnya belajar pula dalam eksplorasi pemahaman bidang studinya.

Tuntutan metode atau jalan berpikir sains antara lain ada hubungan-hubungan logis yang disusun oleh pelaku studi terhadap berserakan fenomena yang tampak atau sedang dicari. Oleh karena itu arti seiring sekata, seiring sejalan dalam memberikan pengetahuan ilmu komputer perlu memberikan konsep hubungan logis untuk proposisi pada koridor semantik. Usaha yang dilakukan antara lain menyusun pengetahuan mendasar terhadap ;

  • Proposisi dalam bahasa sehari-hari
  • Nilai benar dan salah pada semantik atas hubungan logis
  • Proposisi berkarakter terbuka yaitu mengandung variabel
  • Menyusun proposisi lebih kompleks dalam sistem sederhana
  • Mengenalkan sistem yang lebih kompleks.

Capaian pengetahuan baru dalam hal penggunaan komputer ditujukan bagi jalan mengenal teman akrabnya, juga menghantarkan ekplorasi pengetahuan baru dalam bidang studinya.