Limbah Berbahaya dan Beracun (B3) Rumah Tangga

Flag Counter

Ir. Ahmad Syauqi, M.Si.

Bahan atau bahan yang dibuang yaitu dapat dikategorikan tidak dipakai lagi oleh pemilik dibedakan antara istilah sampah dan limbah. Dalam kehidupan rumah tangga dua istilah tersebut disandingkan sehingga dapat membedakan sampah dan limbah pada umumnya dengan sampah dan limbah rumah tangga. Istilah limbah berasal dari rumah tangga digolongkan lagi antara berbahaya yaitu B3 dan tidak membahayakan. Limbah padat dan cair rumah tangga seperti kotoran hewan atau berasal dari kamar mandi telah menjadi pengetahuan dan dipraktekkan yaitu dengan adanya pengelolaan water closed dan septik tank.

Bahan berbahaya di rumah tangga yang masih digunakan memerlukan penanganan tertentu atau khusus seperti obat-obatan untuk tanaman di halaman rumah, barang aki, oli sepeda motor atau mobil, tinta printer, baterai bermacam-macam peruntukannya. Repro id.theasianparent.comBerkenaan dengan baterai berbentuk lempeng dan kecil telah menunjukkan bahaya yang terjadi pada bayi (gambar repro id.theasianparent.com) seperti berita dalam situs http://id.theasianparent.com/bayi-8-bulan-menelan-baterai-dan-cacat-seumur-hidup/.

Demikian pula untuk berita http://health.detik.com/read/2011/11/15/094725/1767466/1202/kerongkongan-balita-terbakar-karena-menelan-baterai-lithium. baterainews.Liputan6.com memberikan gambar berikut

 

Aksi Pencegahan

Pencegahan bahaya limbah padat rumah tangga dapat dilakukan dengan melakukan pemilahan sebelum dibuang. Idealnya melakukan pemilahan sampah dan limbah di rumah terdiri atas:

1. basahBahan sampah padat yang dapat dikomposkan,

 

2. keringBahan/barang padat B3,

3. Bahan/barang padat didaur ulang, dapat dijual lagi atau terkategori dalam hubungannya dengan Bank Sampah.

dijual

Bahan atau barang hasil IPTEK mempunyai konsekwensi perhatian terhadap sifat-sifat yang dimilikinya. Bahan B3 tidak lain didalamnya mempunyai zat-zat berbahaya. Sifat kimia menunjukkan ada reaksi tertentu yang terjadi. Tidak disadari adanya tinta mempunyai kemungkinan dapat larut dalam air atau minyak sehingga membahayakan bagi siapa yang menelannya, terikut dalam makanan. Sifat fisik seperti alat yang menghasilkan sinar laser dan lainnya, ia mempunyai bahan baterai.

Bantuan Kepada Petugas Sampah

Era partisipasi masyarakat akan berjalan dengan sangat baik tergantung dari interaksi sosial kita. Pada perhatian kepada masing-masing wilayah saat ini menjadi penting dibanding dengan sektoral. picture3Pemerintah daerah atau kota dan jajarannya masing-masing wilayah untuk urusan sampah telah mempunyai pola penanganan yang berbeda-beda dan itu telah berinteraksi dengan masyarakat domestik secara baik. Demikian pula interaksi antara pemerintah dengan swasta pada sektor bisnis. Tetapi pola urusan sampah masih mengandalkan otoritas pemerintah wilayah setempat dan jajaran hingga struktur masyarakat terbawah. Namun mungkin ada swasta bergerak dalam material buangan yang masih ekonomis.

Pemilahan yang dilakukan di rumah tangga sangat perlu disosialisasikan terus menerus.  Banyak keluhan kepada petugas sampah yang masih mempunyai gerobak dengan satu kompartemen sehingga tercampur lagi.  Sambil menanti perencanaan pihak otoritas wilayah tentang perbaikan kompartemen gerobak sampah, secara simultan sosialisasi pemilahan di rumah tangga diharapkan terus berjalan. Hal ini sebab pola penanganan dari rumah tangga ke tempat TPS, petugas sampah sebenarnya telah bertanggungjawab untuk memisahkan bahan/material untuk komposting.

Artinya pemilahan pada tingkat rumah tangga bila dilakukan dengan baik, bersedia untuk memperhatikan tas plastik dari belanja tiap hari sebagai tempat pemilahan, mempunyai  hal penting, yaitu:

1. Pencegahan bahaya sampah/limbah tergolong B3 dapat dilaksanakan. Menghindari bahaya dimulai dari pencegahan dan bukan kuratif. Bagi petugas sampah akan menerima dalam kategori sampah padat kering.

2. Membantu petugas sampah untuk mempercepat tahapan dalam komposting di Tempat pengolahan sampah terpadu (TPST). Pengosongan material sampah di TPS menjadi lebih cepat. Bagi wilayah RT yang telah melakukan komposting bahan organik (sampah basah) juga akan terbantu. Selanjutnya penanganan TPA lebih memudahkan; sistem landfill, pencegahan pencemaran sumber air dan sebagainya.

1209tps-sampah

3. Bagi rumah tangga yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus bahan/material buangan yang masih ada nilai ekonomisnya, dapat diserahkan kepada petugas sampah. Hal ini menjadi bantuan berarti bagi kesejahteraan kehidupan petugas sampah.

4. Sebagai inisiasi pengelolaan sampah/limbah B3 rumah tangga pada pola pengelolaan sampah di daerah/kota yang masih lemah. Hal ini antara lain simultan dengan perbaikan kompartemen gerobak  yang masih belum dipisahkan antara sampah basah dan kering.

dsc_0508

Kita menyadari bahwa penambahan anggota keluarga dalam rumah tangga menjadi hal yang tetap sepanjang zaman. Penambahan anggota keluarga akan menambah volume bahan buangan. Bagi kehidupan kota metropolitan, urban dan suburban saat sekarang dan ke depan, keharusan pengelolaan material buangan itu menjadi kewajiban bersama. Lingkungan kehidupan kita memerlukan perhatian untuk pengelolaannya.

Artikel Pengabdian kepada masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *