Kesalahan Terkecil Penetapan Kuantitas Zat Berdasar Regresi Linier

Pengelolaan lingkungan khususnya melakukan pemantauan terhadap zat-zat tertentu di lingkungan membutuhkan ketepatan metode dan teknik kuantifikasi. Penentuan zat kimia selain membutuhkan metode tersendiri menurut zatnya juga teknik kuantifikasi dengan kesalahan terkecil. Peralatan yang canggih berbasis komputer telah digandengkan dengan peralatan metode spektrum cahaya khususnya berbagai spektrofotometer. Namun peralatan ini membutuhkan keahlian operasionalnya. Bagaimana keterbatasan yang dihadapi dalam banyak hal sehubungan keterbatasan waktu atau tempat analisis?
Faktor yang menentukan antara lain waktu dan kecepatan dalam analisis. Peralatan yang canggih dapat memberikan fasilitas faktor ini dalam hal kecepatan dan ketepatan analisis. Tetapi jumlah laboratorium tertentu dibanding dengan banyaknya yang melakukan analisis, pada akhirnya harus mengantri. Hal itu terkadang terkendala sampling ditempat yang jauh.
Peralatan yang masih konvensional atau mentradisi masih umum dijumpai di laboratorium-laboratorium universitas dan mungkin dapat dilihat di youtube. Misalnya spektrofotometer Spektronic 20 dari Bausch and Lomb. Penjelasan berkenaan dengan instrumentasi ini mensyaratkan seperti pembacaan serapan tertentu agar dihasilkan ketepatan dan kesalahan terkecil.
Pelaksana hukum lambert-Beer
Hukum Lambert-Beer digunakan sebagai dasar penetapan dengan sifat hubungan regresi linier untuk konsentrasi encer dan serapan spektrum sinar tampak. Tetapi tinjauan statistika memberikan rumusan tertentu berdasar varian data untuk menetapkan kesalahan garis regresi penerapan hukum Lambert-Beer itu. Dalam hal ini dapat dikemukakan rumusan yang ditulis oleh Mursyidi dalam buku Statistik Farmasi dan Biologi.
Berkenaan dengan banyak keterbatasan di laboratorium saya menerapkan rumusan dalam buku Mursyidi itu dalam bahasa program Turbo Basic, maklum dilakukan pada zaman tahun 90an. Program yang dapat dieksekusi dengan sistem DOS dapat juga membantu, paling tidak untuk simulasi mendapatkan optical Density (OD) yang mempunyai kesalahan terkecil. Hal ini sesuai dengan teori instrumentasi spektrofotometri yang perlu melakukan serapan pada kisaran 0,2 hingga sekitar 0,7 pada panjang gelombang spektrum yang dikehendaki.
Sebagaimana di atas peralatan konvensional dapat dimanfaatkan dengan pendamping komputer atau laptop yang kita miliki. Walaupun terasa kuno tetapi kondisi lingkungan yang amat luas, jauh dari perkotaan, membutuhkan pendekatan dan inovasi tertentu.
Saya berharap ada teman yang dapat menulis program komputer tersebut dalam bahasa yang visual sebagaimana model saat ini, juga menyesuaikan dengan sistem operasi komputer yang terus menerus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *