Pikiran dan Rasa Sosial dengan jurusan persepsi

Pengetahuan yang ada dalam diri kita dapat bertingkat-tingkat yaitu dari sekedar tahu hingga benar-benar mengetahui. Sekedar tahu memberikan perasaan tertentu terhadap obyek dan benar-benar mengetahui terkadang justru dapat menghilangkan perasaan terhadap obyek itu. Oleh karena itu terdapat semacam kontradiksi dalam perjalanan pengetahuan. Tetapi apakah yang dapat dijadikan stabilizer perasaan kita dari suatu perjalanan pengetahuan terhadap suatu obyek?

Dalam ilmu pengetahuan, sebelum mengemukakan apa yang ingin benar-benar diketahui adalah asumsi, selanjutnya menuangkan observasi terhadap seluk-beluk sekedar tahu tentang obyek. Acara selanjutnya adalah menuangkan dugaan atau suatu hipotesa, tentu saja dugaan dalam metode riset berbeda dengan dugaan yang ada dalam metode lainnya. Namun suatu metode antara sekedar tahu dan benar-benar mengetahui apapun metodenya, nampaknya sama saja yaitu bagaimana cara menuju benar-benar tahu.

Ada sisi yang perlu dijaga yaitu adanya perasaan dan hal ini walaupun ada dalam satu tubuh tetapi dapat terasa hadirnya disamping sedang berjalannya suatu rasio/pikiran yang sedang berlangsung. Tuhan memberikan stabilizer yaitu berprasangka yang baik atau dalam bahasa lainnya khuznudzdzan; good prejudice. Nampaknya perasaan ini akan tetap memberikan interaksi yang baik diantara banyak orang, atau memberikan lingkungan yang kondusif, terhadap persoalan pencarian jawaban sedang berproses.

Dalam lingkup manajemen lingkungan sosial tujuan masih tetap yaitu mencari secara obyektif tentang benar-benar tahu. Pendekatan tertentu misalnya dengan hukum positip nampaknya tetap dibarengi rasa sosial yang baik itu. Dalam diri kita antara pikiran dan perasaan memang nampaknya seperti dua jalan tol dan kapan kita menemukan dua jalur dengan lalu lintas yang tidak saling bertabrakan satu sama lain.

Kita sendiri membentuk persepsi suatu obyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *