Variabel Motivasi Berperilaku Hewan

Tuhan menciptakan makhluk hidup di bumi dipandang oleh sains sebagai makhluk ciptaan atau disebut creature, living thing. Hikmah diciptakan makhluk selain manusia antara lain dapat lebih memahami siapa manusia dari segi jasad maupun rokhaninya. Tubuh manusia dapat dipahami dan pengetahuan yang ada banyak dipelajari melalui sains bidang kedokteran, sebab bidang itu banyak mengemukakan tentang pengobatan penyakit yang diderita. Percobaan tentang efektivitas pengobatan dapat menggunakan binatang yang ada khususnya dalam pandangan biologi sebagai mamalia. Bidang rokhani banyak dipelajari pada bidang pendidikan (-/+ sains) dan/atau psikologi. Dalam ajaran Agama Islam melalui kitab suci ada penjelasan tentang binatang melata dan manusia.
Disiplin biologi antara lain mempelajari tentang perilaku khususnya kaitan antara perubahan dalam tubuh saat makhluk hidup itu sedang berperilaku. Sain Biologi menerangkan bahwa perilaku tertentu dipengaruhi oleh ada tidaknya hormon, seperti banyak perbedaan hormon dalam tubuh wanita dan laki-laki akan mempengaruhi perilakunya. Demikian pula banyak dipelajari pada binatang melata yang dekat dengan golongan tubuh mamalia.
Sains mempelajari perilaku hewan pada bab motivasi dan kognisi (Barnard, 2004) menjelaskan bahwa motivasi berperilaku mempunyai variable bebas, antara dan tidak bebas. Istilah motivasi digunakan untuk mendiskripsikan modulasi hubungan stimulus-respon. Motivasi merupakan hal pada proses membuat keputusan yang mana hewan memilih dalam pembentukan perilaku khusus. Letak motivasi dalam variable yang dipelajari ada pada antara atau disebut intervening variable. Contohnya, variabel bebas = defisit air, motivasi terbentuk = haus dan perilakunya (variabel tidak bebas) = minum; variable bebas = kehabisan makanan, motivasi terbentuk = lapar dan perilakunya = makan.
Motivasi agresif atau banyak insiatif yang terjadfi pada seseorang mungkin mempunyai variable bebas tentang territorial intruder, sehingga perilakunya adalah fighting.

OrgaNisasi Profauna

Barnard, C. 2004. Animal Behaviour. Mechanism, Development, Function and Evolution. Pearson Education Limited. Pearson Prentice Hall. Harlow. p.167-169.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *